1.      Buatlah satu buah permasalahan diskusi tentang materi Fisika berdasarkan kurikulum!
Jawab :
Penerapan Termodinmika dalam Kehidupan sehari-hari

2.      Buatlah joke tentangb Fisika!
Jawab :
 Di sebuah kelas seorang guru sedang mengajar Fisika………….
Guru : “Saya ada soal tolong dijawab anak-anak. Saat mudik lebaran Paijo mengedarai motor dari Jakarta ke Semarang yang berjarak 850 km dengan kecepatan 120 km/jam. Berapa lamakah waktu yang ditempuh Paijo tersebut untuk sampai di Semarang ? Dan jam berapakah Paijo sampai di Semarang jika dia berangkat dari Jakarta pukul 06.00 pagi ?”
Nanda : “Saya pak !”
Guru : “ Ya, Nanda…silakan “
Nanda : “(850/120)x60 menit = 425 menit atau 7 jam 1 menit
Bejo sampai Semarang pukul 06.00 + 7,1 jam = 13.01 ”
Guru : “ Ok, jawabannya saya tahan dulu, sekarang giliran kamu Andi..!”
Andi : “Ini berdasarkan pengalaman saya ya Pak, lama waktu yang ditempuh Paijo ya 11 jam 31 menit. Lha wong Paijo istirahat, makan, ke toilet, sholat sampai 2 kali @ 1 jam. Trus kena macet di Cikampek 1 jam, isi bensin 1 jam karena ngantri puanjang, belum lagi bannya bocor….nambal ban 1 kali 30 menit.. Sampai di Semarang ya jam 17.31 pak. Lha wong Paijo itu abang saya e pak…” (Huahahaaa….)

3.      Membuat pertanyaan C1-C6 masing-masing 1 buah
Jawab :
MATERI: PESAWAT SEDERHANA ( Kelas VIII SMP)
Taksonomi Bloom Aspek Kognitif
Contoh Soal Objektif
Kunci Jawaban dan Penyelesaian
C1
Pesawat sederhana adalah…
A.    alat yang dapat mempermudah manusia dalam melakukan usaha.
B.     alat yang dapat mengurangi usaha yang dilakukan manusia.
C.     alat yang dapat memperbesar usaha yang dilakukan manusia.
D.    alat yang dapat terbang yang dibuat dengan bahan-bahan sederhana.
Kunci jawaban: A
Penyelesaian: Pesawat sederhana adalah alat yang dapat mempermudah manusian dalam melakukan usaha, tanpa mengurangi atau menambah usaha yang dilakukan.
C2
Perhatikan gambar berikut!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgb3Di8CAaB0kGmpHhLvalg9m6oLhLw358GMyyE92YXZ24JQEq8lskq6spZDTsDwkli67eg17al-jgg-YpjMoqCO3iH9bnENH_EFudWIOmy_YjjGYByp0Vb0jMepJgUrc10hwoz1qcWuUW1/s1600/gunting+2.jpg

Alat seperti gambar di atas adalah contoh pesawat sederhana yang menerapkan prinsip...
A.    katrol
B.     pengungkit
C.     bidang miring
D.    roda-roda
Kunci jawaban: B
Penyelesaian:
Gambar yang ditunjukkan pada soal adalah gunting. Gunting adalah contoh pesawat sederhana yang menerapkan prinsip pengungkit.
C3
Seorang anak sedang mengungkit sebuah batu. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEha3BZSuCgcvQTBzu-dxp85fcdju3sJLwreRo_vrT6NtG0FXY93nXxJyH-eeRfZWsQsA5nTLyorugsVioB5R0nCT1VLdIekNUMqIQKXGQnKuoZCQM39KdkTVdYv9HzggxWKKDKWvrARQ65B/s320/pesawat-sederhana-soal-6.png

Besar gaya yang diperlukan untuk mengungkit batu tersebut adalah...
A.    40 N
B.     30 N
C.     20 N
D.    10 N
Kuci Jawaban: A
Penyelesaian:
Rumus untuk pengungkit atau tuas:

F x Lk = W x Lb 

Dimana:
Lk = panjang lengan kuasa atau lengan gaya, dihitung dari titik kerja gaya ke tumpu
Lb = panjang lengan beban, dihitung dari titik beban hingga tumpu

sehingga:

F x Lk = W x Lb 
F x 180 = 360 x 20 
F = 40 Newton 
C4
Berikut adalah data hasil percobaan mendorong balok seberat 500 N di atas bidang miring yang memiliki tinggi 5 m.



Sudut Kemiringan
Gaya
Usaha
300
250 N
5000 J
450
300 N
5000 J
600
350 N
5000 J
Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa…
A.    semakin besar sudut kemiringan bidang miring, maka gaya yang diperlukan akan semakin kecil.
B.     semakin besar sudut kemiringan bidang miring, maka usaha yang diperlukan akan semakin besar.
C.     perubahan gaya tidak menyebabkan perubahan usaha.
D.    tingkat kemiringan bidang miring tidak mempengaruhi besar usaha yang diberikan, namun mempengaruhi besar  gaya yang diperlukan.
Kunci jawaban
Penyelesaian:
Data tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemiringan bidang miring tidak mempengaruhi besar usaha yang diberikan, namun mempengaruhi besar gaya yang diperlukan.
C5
Seseorang ingin memindahkan sebuah balok dengan berat 500 N dari tanah ke atap sebuah gedung. Gaya maksimum yang dapat diberikan oleh orang itu adalah 100 N. Agar orang itu dapat memindahkan balok tersebut, maka cara terbaik yang dapat dilakukan adalah …
A.    menggunakan pengungkit untuk memantulkan balok ke atap gedung.
B.     menggunakan 1 buah katrol yang dipasang di atap gedung untuk menarik balok tersebut.
C.     menggunakan bidang miring yang disenderkan dari tanah ke atap gedung.
D.    Menggunakan 5 katrol yang dipasang secara majemuk untuk menarik katrol keatap gedung.
Kunci jawaban: D
Penyelesaian:
Diketahui:
W = 500 N
F = 100 N
Ditanya:
Bagaimana agar W = F?
Jawab:
Diperlukan pesawat sederhana yang memberikan keuntungan mekanis minimal = 5
Keuntungan mekanis katrol majemuk adalah:
KM = n = banyaknya katrol yang digabung
Berdasarkan hal itu, maka kita harus menggabung 5 katrol untuk dapat nilai KM = 5




C6
Perhatikan gambar!

 


Keuntungan mekanis dari tuas tersebut adalah....
A. 1
B. 1,5
C. 2,5
D. 10
Kunci jawaban: D
Penyelesaian:
Keuntungan mekanik dari sebuah tuas atau pengungkit bisa dicari dari dua cara sebagai berikut:
KM = W/F

atau dari rumus lainnya
KM = Lk/Lb


Jadi 
KM = W/F = 75/7,5 = 10 atau KM = Lk/Lb = 50/5 = 10



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas XI Materi Asas Black