Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas XI Materi Asas Black
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 3 TANJUNG
JABUNG TIMUR
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1
Materi
Pokok : Suhu dan Kalor
Materi
Sub Bab : Asas Black
Alokasi
Waktu : 1 Jam Pelajaran (45
menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
mengamati demonstrasi guru, peserta didik dapat menjelaskan pengertian Asas
Black.
2.
Setelah
diberi penjelasan oleh guru, perserta didik dapat menerapkan persamaan Asas
Black.
3.
Setelah melakukan percobaan, peserta didik dapat menganalisis
pengaruh kalor terhadap suhu.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
NO
|
KD
|
Indikator
|
1
|
3.5 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi
karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada
kehidupan sehari-hari
|
1. Menjelaskan Pengertian Asas Black
2. Menerapkan persamaan Asas Black
|
2
|
4.5 Merencanakan
dan melakukan percobaan tentang
karakteristik termal suatu bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas
kalor, beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
|
1. Melakukan
percobaan tentang Asas Black
|
C.
Materi
Pembelajaran
a. Fakta
·
Pemanasan es menjadi air
·
Fenomena pengaruh kalor pada
benda dan perambatan kalor
b. Konsep
·
Suhu
Suhu adalah besaran fisika yang menyatakan derajat panas suatu
zat. Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Pada termometer, zat
yang paling banyak digunakan adalah alkohol dan raksa. Yang menjadi pelopor
pembuatan termometer adalah Galileo Galilei (1564-1642). Prinsip kerja termometer
buatan Galileo didasaran pada perubahan volume gas di dalam labu. Prinsip kerja
termometer biasanya menggunakan sifat pemuaian zat cair. Jadi, pemuaian adalah
bertambahnya volume suatu zat akibat bertambahnya suhu zat. Kenaikan suhu untuk
menaikan suhu suatu zat di perlukan kalor ( Q ), besarnya tergantung jenis
zatnya, banyaknya zat yang dipanaskan dan kenaikan suhu yang diinginkan. Kalor
jenis ( c ) adalah kalor yang dibutuhkan 1 kg zat untuk menaikan 1°C
·
Kalor
Kalor
merupakan salah satu bentuk energi, umumnya disebut energi panas. Kalor
merupakan panas yang bisa berpindah dari benda yang memiliki kelebihan kalor
menuju benda yang kekurangan kalor. Kalor biasanya dinyatakan dalam suhu. Dalam
satuan internasional, kalor dinyatakan dengan Joule. Satuan lainnya dinyatakan
dengan kalori. Kalor dapat berpindah dari satu
tempat ke tempat yang lain.
·
Kalor jenis
Kalor jenis
adalah banyaknya kalor yang diserap atau diperlukan oleh 1 gram zat untuk
menaikkan suhu sebesar 1⁰C. Kalor jenis juga diartikan sebagai
kemampuan suatu benda untuk melepas atau menerima kalor. Masing-masing benda
mempunyai kalor jenis yang berbeda-beda. Satuan kalor jenis ialah J/kg⁰C.
c. Prinsip
·
Asas Black
“Jumlah
kalor yang dilepas oleh materi yang bersuhu lebih tinggi akan sama dengan
jumlah kalor yang diterima oleh materi yang suhunya lebih rendah”
Bisa juga disederhanakan Kalor yang dilepas akan sama dengan kalor
yang diterima.
Dari bunyi asas black tersebut bisa diperoleh persamaan atau rumus
asas black
QLepas = Qterima
m1.c1.
= m2.c2.


m1.c1.(T1-Ta) = m2.c2.
(Ta-T2)
m1 = Massa benda yang mempunyai tingkat temperatur
lebih tinggi
c1 = K alor jenis benda yang mempunyai tingkat
temperatur lebih tinggi
T1 = Temperatur benda yang mempunyai tingkat temperatur
lebih tinggi
Ta = Temperatur akhir pencampuran kedua benda
m2 = Massa benda yang mempunyai tingkat temperatur
lebih rendah
c2 = Kalor jenis benda yang mempunyai tingkat
temperatur lebih rendah
T2 = Temperatur benda yang mempunyai tingkat temperatur
lebih rendah
·
Kalor berpindah dari suhu
tinggi ke suhu rendah
d. Prosedur
·
Percobaan asas Black (LKS terlampir)
D.
Pendekatan,
Model,
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Ceramah, Demonstrasi, Eksperimen dan Tanya jawab
3. Model : PBL
E.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Powerpoint, Papan Tulis, Alat percobaan dan LKS
2.
Alat dan Bahan :
Laptop, proyektor, spidol dan alat percobaan
3.
Sumber Belajar :
·
Kanginan,
Marthen. 2013. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
·
LKS Asas Black
F.
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Guru mengucapkan salam.
·
Guru mempersilahkan siswa mengawali pembelajaran dengan doa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru memberi Apersepsi untuk memotivasi peserta didik dengan
demontrasi tentang materi yang akan diajarkan :
Anak-anak, sebelum kita memulai pembelajaran hari
ini Ibu memiliki dua air di sini. Coba Muniroh maju. Muniroh, coba kamu celupkan tangan kananmu ke wadah pertama dan tangan kiri
ke wadah kedua. Apa yang kamu rasakan?”.
Nah, sekarang apa yang terjadi ketika saya campurkan
kedua air ini?”.
“Nah, mengapa air yang pertamanya berbeda suhu ini,
ketika dicampur menjadi berbeda suhunya yah?”.
“Oke, kalau begitu, kalor berpindah dari mana ke
mana?”.
·
Guru memberitahukan tujuan pembelajaran.
·
Guru
Menjelaskan prosedur kegiatan yang akan dilakukan peserta didik
|
8
menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Peserta
didik mengamati demonstrasi yang ditampilkan guru.
Menanya
·
Peserta
didik diharapkan bertanya mengenai demonstrasi yang ditampikan guru
menyangkut materi yang akan dipelajari.
Mencoba
·
Peserta
didik melakukan percobaan Asas Black.
Mengasosiasi
·
Masing-masing
kelompok menyimpulkan hasil diskusi.
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan kesimpulan.
·
Guru
menjelaskan konsep perumusan Asas Black.
Mengomunikasikan
·
Perwakilan
dari peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Asas Black.
·
Mendiskusikan
pemecahan masalah jika ada perbedaan jawaban.
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan.
|
30
menit
|
Penutup
·
Bersama
peserta didik merangkum konsep Asas Black.
·
Guru
memberikan PR kepada peserta didik.
·
Doa
penutup.
|
7
menit
|
G.
Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Instrumen
|
1.
|
Kognitif
1. Menjelaskan Pengertian Asas Black
2. Menerapkan persamaan Asas Black
|
Penugasan
|
PR
(terlampir)
|
2.
|
Afektif
1.
Mengagumi kebesaran Tuhan
2.
Rasa ingin tahu
2.
Bekerja sama dalam team
3.
Bertanggungjawab terhadap tugas
yang diberikan
|
Observasi
|
Lembar
Pengamatan Sikap (terlampir)
|
3.
|
Psikomotorik
1. Bertanya
2. Menjawab
pertanyaan
3. Menyampaikan
hasil diskusi di depan kelas
4. Menyiapkan
alat dan bahan praktikum
5. Menyampaikan
kesimpulan hasil praktikum
|
Observasi
|
Lembar
Observasi Psikomotor (terlampir)
|
Guru
Mata Pelajaran
Rika
Irmayanti
NIM
: A1C315016
LEMBAR
PEKERJAAN RUMAH
|
Sub
Bahasan : Asas Black
Kelas : XI IPA
Semester : 1
|
PETUNJUK UMUM
1. Lembar ini memuat soal essay.
2. Tuliskan jawabanmu pada satu lembar
kertas double folio dengan mencantumkan identitas diri berupa nama, kelas, dan
nomor absen di pojok kiri atas kertas double folio tersebut.
3. Kerjakanlah terlebih dahulu soal
yang kamu anggap mudah.
4. Jawablah dengan jelas dan tepat.
SOAL
No
|
Indikator
|
Soal
|
1
|
Menjelaskan
Pengertian Asas Black
|
Sebutkan
bunyi asas black, kemudian beri contoh!
|
2
|
Menerapkan
persamaan Asas Black
|
Jika 2 kg air bersuhu 5 0C dicampur dengan 5 kg air bersuhu 26 0C,
maka tentukan suhu akhir campuran kedua zat !
|
3
|
Menerapkan
persamaan Asas Black
|
Jika
0,5 kg es bersuhu -100C dicampur dengan sejumlah air bersuhu 400C,
sehingga suhu campurannya adalah 200C,
maka tentukan massa dari air yang dicampurkan !
(ces =
2100 J/kg. 0C, c air
= 4200 J/kg.K, Les = 3,35.105 J/kg)
|
SOLUSI
No
|
Soal
|
Solusi
|
Skor
|
1
|
Sebutkan
bunyi asas black, kemudian tuliskan rumusnya!
|
Jumlah
kalor yang dilepas oleh materi yang bersuhu lebih tinggi akan sama dengan
jumlah kalor yang diterima oleh materi yang suhunya lebih rendah.
QLepas =
Qterima
m1.c1.
![]() ![]()
m1.c1.(T1-Ta) = m2.c2.
(Ta-T2)
|
30
|
2
|
Jika 2 kg air bersuhu 5 0C dicampur dengan 5 kg air bersuhu 26 0C,
maka tentukan suhu akhir campuran kedua zat !
|
Karena kedua zat sejenis, maka kalor jenis dari kedua zat adalah sama,
dan dapat saling meniadakan.
Q serap = Q lepas
m1 . c . ∆T1 = m2 . c . ∆T2
2 . c . ( T – 5 ) = 5 . c . ( 26 – T )
2T – 10 = 130 – 5T
7T = 140
T = 200C
|
35
|
3
|
Jika
0,5 kg es bersuhu -100C dicampur dengan sejumlah air bersuhu 400C,
sehingga suhu campurannya adalah 200C,
maka tentukan massa dari air yang dicampurkan !
(ces
= 2100 J/kg.0C, c
air =
4200 J/kg.K, Les = 3,35.105 J/kg)
|
Dalam proses ini es akan mengalami tiga tahap wujud , yaitu padat (es),
melebur dan wujud cair. Sedang air bersuhu 400C hanya
mengalami satu tahapan, yaitu perubahan suhu.
Q serap (es) = Q lepas
(air)
Q1 + Q2 +Q3 = Q4
m1 . ces . ∆T1 + m1 . L + m1 . cair .∆T2 = m2 . cair . ∆T3
0,5 x 2.100 x [0-(-10)] + 0,5 x 3,35 . 105
+ 0,5 x 4.200 x (40 - 20)
= m2 x 4.200(40-20)
10.500 + 1,675.105 + 42.000 = 84.000 x m2
m2 = 2,61kg
|
35
|
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
“ASAS BLACK”
I.
Tujuan : Siswa mampu membuktikan teori Asas Black
II. Dasar
Teori :
Asas Black adalah suatu prinsip dalam
termodinamika yang dikemukakan oleh Joseph Black. Asas ini menjabarkan:
a.
Jika
dua buah benda yang berbeda yang suhunya dicampurkan, benda yang panas memberi
kalor pada benda yang dingin sehingga suhu akhirnya sama
b.
Jumlah
kalor yang diserap benda dingin sama dengan jumlah kalor yang dilepas benda
panas
c.
Benda
yang didinginkan melepas kalor yang sama besar dengan kalor yang diserap bila
dipanaskan
Bunyi Asas Black adalah sebagai berikut:
“Pada pencampuran dua zat, banyaknya kalor yang dilepas zat yang
suhunya lebih tinggi” secara
umum rumus Asas Black adalah
![]() |
Keterangan:
Qlepas
adalah jumlah kalor yang dilepas oleh zat
Qterima
adalah jumlah kalor yang diterima oleh zat
dan rumus berikut adalah penjabaran
dari rumus diatas :

Keterangan :
M1 = Massa benda yang
mempunyai tingkat temperatur lebih tinggi
C1 = Kalor jenis benda yang
mempunyai tingkat temperatur lebih tinggi
T1 = Temperatur benda yang
mempunyai tingkat temperatur lebih tinggi
Ta = Temperatur akhir
pencampuran kedua benda
M2 = Massa benda yang
mempunyai tingkat temperatur lebih rendah
C2 = Kalor jenis benda yang
mempunyai tingkat temperatur lebih rendah
T2 = Temperatur benda yang
mempunyai tingkat temperatur lebih rendah
III.
Metode Penelitian
A.
Alat dan Bahan
1.
Gelas Kimia
2.
Bunsen
3.
Kaki tiga
4.
Termometer
5.
Air panas
6.
Air dingin
B.
Prosedur Percobaan
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada praktikum ini
2. Panaskan
air dengan bunsen, lalu ukur suhunya
3. Ukur
suhu pada gelas kimia yang berisi air dingin
4. Campurkan
air panas dan air dingin, lalu ukur kembali suhunya
5. Catatlah
hasil pengukuranmu dalam tabel hasil pengamatan
IV. Tabel
Hasil Pengamatan
Suhu
air panas(0C)
|
Suhu
air dingin(0C)
|
Suhu
campuran(0C)
|
V. Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
PENILAIAN KOGNITIF
PR
Mata
Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester/Tahun
Ajaran : XI
IPA/2017-2018
Sub Materi :
Asas Black
No
|
Nama Siswa
|
Nomor Soal
|
Skor
|
Nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
Keterangan:
Nilai =
×100

PENILAIAN AFEKTIF
(OBSERVASI)
Mata
Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester/Tahun
Ajaran : XI IPA/2017-2018
Sub Materi : Asas
Black
![]() |
PENILAIAN PSIKOMOTORIK
(OBSERVASI)
Mata
Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester/Tahun
Ajaran : XI
IPA/2017-2018
Sub Materi :
Asas Black
No
|
Keterampilan
|
Nomor Absen Siswa
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
||
1
|
Bertanya
|
||||||||||||||||||||||||
2
|
Menjawab
pertanyaan
|
||||||||||||||||||||||||
3
|
Menyampaikan
hasil diskusi di depan kelas
|
||||||||||||||||||||||||
4
|
Menyiapkan
alat dan bahan praktikum
|
||||||||||||||||||||||||
6
|
Menyampaikan
kesimpulan hasil praktikum
|
||||||||||||||||||||||||
Jumlah Skor
|
|||||||||||||||||||||||||
Nilai
|
Keterangan :
a. Skor max 1 sub penilaian =
= 20

b.
Nilai
=
×100

c.
Nilai
sikap dikualifikasi menjadi predikat sebagai berikut :
Predikat
|
Skor
|
Sangat Baik
|
81-100
|
Baik
|
61-80
|
Sedang
|
41-60
|
Cukup
|
21-40
|
Kurang
|
1-20
|
Sangat kurang
|
0
|
Komentar
Posting Komentar