Contoh tujuan instruksional untuk ranah kognitif, afektif dan psikomotor!
1.        TujuanKognitif
a.       C1 (Pengetahuan)
Setelah dijelaskan, siswa diharapkan mampu menyebutkan 3 jenis zat dengan benar.
b.      C2 (Pemahaman)
Setelah dipraktikumkan,  siswa diharapkan mampu menyimpulkan pengaruh massa dan volume benda dengan massa jenis zat.
c.       C3 (Penerapan)
Setelah dijelaskan, siswa diharapkan mampu menghitung percepatan benda yang mempunyai massa dan diberi gaya tertentu.
d.      C4 (Analisis)
Setelah melakukan pengamatan, siswa diharapkan mampu menjabarkan bagian-bagian jangka sorong beserta fungsinya.
e.       C5 (Sintesis)
Setelah melakukan observasi, siswa mampu menciptakan alat pembangkit listrik tenaga surya dengan baik.
f.       C6 (Evaluasi)
Setelah menyelesaikan proses pembelajaran, siswa dapat membuat kritik yang membangun untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran Fisika.

2.        Tujuan Afektif
a.       A1 (Penerimaan)
Selama pembelajaran berlangsung, siswa bersedia memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan baik.
b.      A2 (Responding)
Siswa mematuhi peraturan guru untuk menonaktifkan handphone pada saat jam pelajaran berlangsung.
c.       A3 (Valuing)
Pada saat belajar dengan forum diskusi siswa mau mengemukakan pendapatnya dengan baik.
d.      A4 (Organization)
Siswa mampu memformulasikan alasan kenapa ia setuju diterapkan belajar 12 jam di sekolah.
e.       A5 (Characterization)
Siswa menolak ketika diberi kunci jawaban pada saat ujian berlangsung.

3.        Tujuan Psikomotor
a.       P1 (Meniru)
Siswa mampu mengikuti langkah kerja yang terdapat di dalam buku penuntun dalam melakukan praktikum pembiasan pada cermin.
b.      P2 (Manipulasi)         
Dengan menggunakan manual dan penjelasan secara verbal, siswa dapat mengkalibrasi multimeter dengan benar.
c.       P3 (Ketepatan gerak)
Untuk mengukur besar hambatan suatu resistor, siswa dapat menggunakan multimeter dengan batas ukur yang tepat.
d.      P4 (Artikulasi)
Siswa  dapat menggunakan jangka sorong untuk mengukur panjang 8 benda dalam waktu 10 menit.
e.       P6 (Naturalisasi)
Siswa dapat mengoperasikan multitester dengan lancar baik untuk mengukur hambatan, tegangan maupun arus.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas XI Materi Asas Black