Penelitian Tindakan Kelas
Pengertian (PTK)
Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu kegiatan penelitian ilmiah
yang dilakukan secara rasional, sistematis dan empiris reflektif
terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru atau dosen (tenaga
pendidik), kolaborasi (tim peneliti) yang sekaligus sebagai peneliti,
sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhaadap tindakan
nyata di dalam kelas yang berupa kegiatanbelajar mengajar, untuk
memperbaiki dan meningkatkan kondisi pembelajaran yang dilakukan
(Iskandar, 2012 : 21). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan bagian
dari penelitian masalah praktis yang memiliki tujuan utama untuk
memperbaiki proses dan hasil pembelajaran pendidikan jasmani atau
memperbaiki kualitas proses dan hasil kepelatihan olahraga (Agus
Kristiyanto, 2010 : 28).
Seperti yang
dikemukakan oleh Agus Kritiyanto dalam bukunya (2010:2932), beberapa
ahli mengutarakan definisi Penelitian Tindakan Kelas yang berbeda-beda.
Berikut definisi Penelitian Tindakan Kelas menurut beberapa ahli:
Definisi Pengertian (PTK) Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli
a. Stephen Kemmis
Stephen Kemmis mengatakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) adalah “Suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif dan
dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional daritindakan-tindakan
guru dalam melaksanakan tugas, memperdalapemahaman terhadap
tindakan-tindakan yang dilakukannya, serta memperbaiki kondisi dimana
praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan.”
b. Mc Niff
Mc Niff memberikan definisi Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai
bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru yang bersangkutan
yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat pengembangan kurikulum,
pengembangan sekolah, pengembangan keahlian mengajar dan sebagainya.
c. Susilo
Definisi Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai bentuk penelitian
yang dilakukan oleh guru dikelas atau di sekolah tempat mengajar, dengan
penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam
pembelajaran.
d. Iskandar
Adalah suatu
kegiatan penelitian ilmiah yang dilakukan secara rasional, sistematis
dan empiris, reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh
guru/dosen atau tenaga pendidik serta kolaborator, sejak disusunnya
suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata didalam kelas
yang berupa tindakan belajar mengajar untuk memperbaiki dan
meningkatkan kondisi pembelajaran yang dilakukan.”
e. Zainal Aqib
Yakni Penelitian Tindakan Kelas itu terdiri dari: 1. Penelitian, 2. Tindakan, 3. Kelas:
- Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu obyek menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu dari suatu hal yang menarik minat dan dianggap penting bagi peneliti.
- Tindakan adalah sesuatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu, yang dalam penelitian PTK berbentuk rangkaian siklus kegiatan.
- Kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru. Kelas bukan wujud ruangan tetapi sekelompok peserta didik yang sedang belajar. Kelas bukan sekedar ruangan tempat guru mengajar.
f. Agus Kristiyanto
Agus Kritiyanto secara lebih spesifik menyusun perumusan definisi dan
pengertian PTK untuk pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga adalah
suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif dan dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan guru/pelatih
dalam melaksanakan tugas memperdalam pemahaman terhadap
tindakan-tindakan yang dilakukannya, serta memperbaiki kondisi dimana
praktek-praktek pembelajaran pendidikan jasmani/kepelatihan olahraga
tersebut dilakukan, dimulai dari adanya perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi untuk setiap siklusnya.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan
Penelitian Tindakan Kelas adalah
- memperbaiki dan meningkatkan kondisi-kondisi belajar serta kualitas pembelajaran,
- meningkatkan layanan profesional dalam konteks pembelajaran khususnya layanan kepada peserta didik sehingga tercipta layanan prima,
- memberikan kesempatan kepada guru untuk berimprovisasi dalam melakukan tindakan pembelajaran yang direncanakan secara tepat waktu dan sasarannya (Mulyasa, 2011 :89).
Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Manfaat penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan dan melakukan inovasi dalam pembelajaran, merupakan upaya pengembangan kurikulum di tingkat kelas dan untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui upaya penelitian yang dilakukan.
Gambar 2.4 Desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Siklus 1 dan Siklus 2
Sumber: Suharsimi, dkk, 2012 : 74
Daftar Pustaka Makalah PTK Penelitian Tindakan Kelas
Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta : UNS Press.
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. REFERENSI (GP Press Group).
Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. REFERENSI (GP Press Group).
Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Komentar
Posting Komentar