NAMA                        : RIKA IRMAYANTI
NIM                            : A1C315016
PRODI                        : PENDIDIKAN FISIKA REGULER
MATA KULIAH       : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR FISIKA

1.      Apa perbedaan antara metode pembelajaran Inquiry dan Discovery?
Jawab :
Pembelajaran discovery (temuan) mengacu pada situasi pembelajaran, upaya siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan bimbingan yang sangat terbatas atau tanpa bimbingan sama sekali oleh guru. Metode discovery adalah suatu prosedur pembelajaran yang menekankan pada belajar mandiri, memanipulasi obyek, melakukan eksperimen atau penyelidikan dengan siswa-siswa lain sebelum membuat  generalisasi. Metode discovery memberikan kesempatan secara luas kepada siswa dalam mencari, menemukan, dan merumuskan konsep-konsep dari materi pembelajara
Strategi inquiryi berarti suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal sleuruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuan dengan penuh percaya diri. Sumber energi utama inquiry adalah tumbuhnya kesadaran diri siswa dalam mencari, menemukan, memeriksa, dan merumuskan cara pemecahan masalah secara mandiri. tujuan menggunakan metode inkuiri antara lain untuk mengembangkan ketrampilan kognitif dalam penyelidikan dan memproses data, mengembangkan logika untuk menyerap konsep-konsep yang berkualitas.
Perbedaan metode discovery dan inquiry terletak pada hasil akhirnya. Hal ini karena karena proses akhir discovery learning adalah \penemuan, sedangkan inquiry learning proses akhirnya terletak pada kepuasan kegiatan meneliti. Discovery learning menekankan pada pengalaman seperti yang dialami oleh peneliti ketika melakukan penemuan suatu temuan. Inquiry berarti guru harus menyediakan situasi sedemikian rupa sehingga siswa didorong untuk melakukan prosedur yang digunakan oleh penelitian.




2.      Buatlah contoh permasalahan yang bisa di demonstrasikan tetapi tidak bisa di eksperimenkan!
Jawab :
Materi yang lebih cocok didemonstrasikan adalah materi Gelombang Bunyi. Karena dalam percobaan ini menggunakan bunyi, maka lebih baik guru saja yang mendemonstrasikan di depan kelas dan siswa mendengarkan serta menganalisis bunyi yang terjadi. Materi ini tidak cocok untuk di eksperimenkan siswa pada saat jam pelajaran. Karena, biasanya dalam melakukan eksperimen dilakukan bersamaan dalam berbagai kelompok. Jika bunyi itu dibunyikan oleh berbagai kelompok dengan rentang waktu yang tidak bersamaan maka kelas tersebut akan ribut dan bunyi tersebut tidak dapat didengar dengan fokus sehingga analisis Gelombang Bunyinnya akan gagal.

3.      Buatlah rubrik penilaian untuk ranah afektif dan psikomotorik masing-masing 10 buah!
Jawab :

Rubrik penilaian ranah afektif :

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Nilai
Kritis
Keaktifan
Kejujuran
Tanggung Jawab
Kesopanan
Kerapian
Kedisiplinan
Kemandirian
Kepedulian
Kerja Sama





















































NB : Rentang nilai 1-3
Ket :    3 = sangat baik
                        2 = baik
                        1 = kura

Rubrik penilaian ranah psikomotorik :

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Nilai
Ketangkasan
Keterampilan
Kecerdasan
Pola pikir
Ketepatan menjawab pertanyaan
Kejelasan dalam menyampaikan materi
Kemampuan berbicara
Rasa ingin tahu
Kecermatan
Konsistensi






















































NB : Rentang nilai 1-3
Ket :    3 = sangat baik
                        2 = baik

                         1 = kurang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas XI Materi Asas Black